Buka jam 09.00 s/d jam 16.00 , Sabtu- Minggu libur
Beranda » Artikel Terbaru » Mengenal Baju Gamis Perempuan dan Perawatannya

Mengenal Baju Gamis Perempuan dan Perawatannya

Diposting pada 24 July 2020 oleh shatara

Mencari baju gamis perempuan saat ini sangat mudah. Cukup ketikkan kata-kata tersebut di mesin pencari di handphone, maka Anda akan menemukan banyak rekomendasi baik model, warna maupun toko yang menyediakannya.

Zahira baju gamis perempuan

Zahira ini adalah model baju gamis perempuan terbaru

Bahkan para penjual baju juga menawarkannya di sosial media. Selain itu, tidak perlu menunggu momen lebaran hanya untuk membeli gamis.

Tersedia pilihan lengkap baik untuk suasana formal maupun informal. Ingin mengenakan gamis untuk sehari-hari? Mengapa tidak?

Sejarah baju gamis dan perkembangannya di Indonesia

Gamis merupakan pakaian tradisional khas timur tengah dimana perempuan Arab mengenakannya untuk menutupi hampir seluruh bagian tubuh kecuali wajah, kaki dan tangan.

Namun, seringkali masyarakat di Saudi Arabia dan Uni Emirat Arab menambahkan cadar (niqab) untuk menutupi area wajah sesuai tradisi.

Diyakini bahwa gamis mulai ada sekitar 4000 tahun yang lalu tapi perkembangannya baru terlihat sekitar abad ke 7 saat Islam mulai berjaya.

Saat itu, pakaian muslim ini dijadikan penanda yang membedakan antara wanita kelas atas dan mereka yang menjajakan diri.

Namun, kini baju gamis perempuan sudah menjadi bagian syariat dimana harus dipakai oleh setiap wanita di hadapan orang-orang yang bukan muhrimnya.

Perkembangan baju gamis dipengaruhi oleh budaya atau tradisi lokal. Jika di Arab rata-rata berwarna hitam atau putih, di Indonesia justru lebih berwarna.

Sering terlihat gamis dengan paduan warna orange, pink dan ungu. Ada juga motif batik yang menambah ciri khas budaya bangsa. Produsen benar-benar memperhatikan kebutuhan pasar saat memproduksinya.

Ditambah dengan beragam kreasi jilbab, maka busana muslim di Indonesia tidak lagi terkesan monoton namun tetap trendy. 

Pilih gamis atau baju setelan?

Di pasaran ada dua macam tipe busana muslim yang ditawarkan untuk para muslimah, yaitu gamis dan baju setelan.

Sebagian wanita lebih memilih tipe baju setelan terdiri dari atasan dan bawahan, sedangkan sebagian yang lain lebih suka memakai gamis. Tapi, ada pula yang memilih keduanya, tergantung kebutuhan.

Tentunya, masing-masing wanita memiliki pandangan sendiri saat mengenakan baju gamis perempuan dibanding baju setelan atau sebaliknya. Simak perbandingannya sebagai berikut.

Pilih baju stelan, karena:

  • Kebanyakan remaja memilih baju setelan karena tampilannya trendi dan modis. Bahkan, atasan kaos flanel dan bawahan berupa celana jeans sudah membuat tubuh tertutup tanpa meninggalkan kesan energik seorang remaja.
  • Seperti baju setelan lainnya, busana muslim setelan juga memungkinkan pemakainya memadupadankan atasan dan bawahan.
  • Ada banyak pilihan seperti tunik panjang dan rok plisket, kemeja dan celana bahan, tunik brokat dengan celana kulot atau rok A-line, dan sebagainya.
  • Keluasaan padu padan ternyata juga bisa menyamarkan bentuk tubuh. Misalnya menutupi bagian tubuh atas yang besar dan tersamarkan dengan paduan atasan dan bawahan.

Pilih gamis, karena:

  • Sebagian  muslimah memilih gamis karena modelnya yang overal sehingga tidak terlalu menampakkan lekuk tubuh. Ini berbeda dengan setelan yang tampak batasan di area pinggang. Itulah mengapa baju gamis perempuan sangat disukai oleh muslimah yang ingin tampil lebih syar’i.
  • Gamis yang dipadukan dengan hijab aneka model atau kerudung lebar, serta kadang ditambah niqab bisa terlihat sangat anggun. 
  • Buat yang tidak mau ribet memilih atasan dan bawahan yang cocok, gamis bisa jadi alternatif tercepat karena simple. Yang dibutuhkan hanya kerudung yang sesuai baik dari warna maupun motif. Gamis juga nyaman dikenakan karena tidak ada bagian tertentu yang tertekan asal ukurannya pas.
  • Karena hanya satu baju, maka penyimpanannya juga lebih mudah. Tidak terlalu makan tempa seperti kalau menyimpan setelan yang terdiri dari atasan dan bawahan. 

Cara merawat baju gamis

Baju gamis memang terlihat lebih simple daripada setelan. Tapi bagaimana dengan perawatannya? Berikut tips cara merawat baju gamis agar tidak mudah rusak:

  • Cuci gamis dengan tangan menggunakan sabun cuci yang diformulasikan khusus untuk jenis kain yang lembut seperti satin, katun jepang dan sutera. Pencucian menggunakan mesin cuci untuk jenis-jenis kain tersebut akan membuatnya cepat rusak.
  • Rendam baju gamis selama 10 menit sebelum dicuci. Cukup gunakan tangan untuk mengucek perlahan kemudian bilas. Hindari pakai sikat baju karena bisa merusak serat kain.
  • Saat menjemur, cukup angin-anginkan saja di tempat teduh sampai kering. Terpaan panas matahari secara langsung dapat merusak kain dan warnanya. Jangan lupa gunakan hanger.
  • Sebaiknya baju gamis tidak terlalu sering dicuci untuk menjaga kualitas kainnya.
  • Setrika baju dengan suhu yang sesuai. Misalnya untuk bahan katun yang tidak boleh terkena suhu terlalu panas karena selain mudah terbakar juga dapat memudarkan warna. 

Selain berhati-hati saat mencuci, perawatan gamis juga termasuk saat memakainya. Mungkin awalnya terpikir untuk mengenakan gamis tipe long dress menjuntai hingga menutupi kaki atau menyentuh lantai seperti gaun-gaun mewah yang dikenakan artis Hollywood.

Nyatanya, busana muslim seperti ini justru butuh trik khusus untuk menghindari kemungkinan terjadi bencana. 

Zahira baju gamis untuk perempuan

Ada beberapa tips agar gamis andalan tetap aman dipakai, yaitu:

  • Kenakan celana panjang 

Penggunaan celana panjang akan sangat berguna bagi muslimah yang harus mengendarai motor. Ujung gamis yang terlalu menjuntai dikhawatirkan akan tersangkut di jeruji dan menyebabkan terjatuh.

Kalau dirasa tidak nyaman mengenakan celana jenis legging, maka pilihlah celana kain dengan model lurus agar lekuk kaki tersamarkan.

  • Modifikasi baju gamisnya

Di Eropa, para wanita yang mengenakan gaun gaya Victorian juga mengalami kesulitan saat harus berdansa dengan gaun mereka.

Akhirnya dilakukanlah sebuah modifikasi dengan menambahkan tali di bagian tengah rok dan mengaitkannya dengan lengan agar sedikit terangkat serta memudahkan melangkah selama berdansa.

Tali tersebut kemudian dilepaskan saat mereka berdiri tegak dan berjalan lagi secara anggun dengan gaun yang menyeret lantai. 

Cara ini ternyata juga bisa diaplikasikan pada baju gamis yang modelnya panjang hingga ke lantai. Tambahkan tali di bagian dalam dan atur seberapa banyak bagian gamis yang ingin diangkat ujungnya.

Di ujung tali bisa diberi cincin atau gelang agar bisa dikaitkan ke jari atau tangan. Ide ini dapat membantu menghindarkan kemungkinan terjadi kecelakaan karena ujung gamis terinjak, menutupi lampu sein atau masuk ke jeruji motor saat berkendara sendiri maupun membonceng. 

  • Gunakan lift saat mau pindah lantai

Menggunakan lift saat hendak naik atau turun ke lantai tertentu lebih aman daripada menaiki eskalator. Namun, jika Anda terpaksa hanya bisa menggunakan tangga berjalan, maka pastikan ada orang lain yang mendampingi.

Penting untuk tidak naik eskalator sambil menggendong bayi karena Anda bisa tidak fokus pada ujung gamis yang cenderung beresiko apabila tersangkut mesin tersebut. 

Biar tidak mendapati pengalaman seribet di atas, membeli baju gamis perempuan yang sesuai bentuk tubuh adalah pertimbangan yang bijak.

Biar tidak salah pilih, Anda bisa mengunjungi situs produsen gamis terpercaya seperti Shatarabusanamuslim.com.

Selain pilihannya lengkap, Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan customer service untuk menemukan gamis yang cocok. Jangan lewatkan pula diskon menarik yang hanya akan Anda peroleh dengan berbelanja langsung melalui website Shatara Busana Muslim.

Hubungi kami untuk cek katalog model gamis by Elvina Dewi, Wa. 0877-3876-5544

Bagikan informasi tentang Mengenal Baju Gamis Perempuan dan Perawatannya kepada teman atau kerabat Anda.

Mengenal Baju Gamis Perempuan dan Perawatannya | Produsen Busana Muslim

Belum ada komentar untuk Mengenal Baju Gamis Perempuan dan Perawatannya

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami

Tentang Kami

Shatara Busana Muslim adalah produsen aneka macam macam busana muslim asli original by Elvina Dewi.

Tersedia gamis, tunik dan hijab dengan dengan bahan yang berkualitas terbaik. Melayani pembelian ecer dan grosir.

Kontak Kami

  • WhatsApp : 0877-3876-5544
  • Alamat : Patehan Kidul no.10 (411,20 km)
    Kota Yogyakarta 55133

Peluang Kerjasama

Kami membuka peluang kerjasama kemitraan menjadi agen, reseller dan distributor produk busana muslim.

Silahkan hubungi kami via WhatsApp ke no 0877-3876-5544 untuk menjadi agen, reseller atau distributor.

× Order Via WhatsApp
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan